Hati-hati, Obesitas Berlebihan Ternyata Bisa Menyerang Organ Dalam Juga

Hati-hati, Obesitas Berlebihan Ternyata Bisa Menyerang Organ Dalam Juga

15 Januari 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Bila seseorang mengalami obesitas yang cukup ekstrem, maka biasanya ia akan susah duduk dan berdiri. Namun, disebutkan hal itu juga bisa merusak organ dalam.

dr Grace Judio-Kahl selaku pakar obesitas dari Light House mengatakan kondisi tersebut bisa membuat pertumbuhan tulang akan terganggu karena tubuh tidak bisa menopang. Selain itu juga mengalami gangguan kulit. 

"Mereka akan terus keringatan. Jadi akan banyak biang keringat, khusunya di lipatan-lipatan seperti bawah dada dan punggung. Juga bakal jamuran di area selangkangan," ujarnya dilansir dari laman detikHealth, 14 Januari 2019.

Disebutkan bahwa jantung juga akan bekerja dua kali lipat serta paru-paru tidak bisa mengembang dengan baik sehingga menyebabkan gangguan pernapasan. Resiko terserang penyakit kardiovaskular pun semakin besar. 

"Seperti darah tinggi. Bukan karena saking gendutnya lalu kejepit pembuluh darahnya tapi tubuhnya bikin banyak hormon dan protein yang bisa membuat pembuluh darah tidak bisa kembang kempis dengan baik," tambahnya. 

dr Grace mengatakan bahwa orang yang memiliki berat badan yang terlalu berlebihan juga bisa mengidap diabetes. Hal tersebut bisa terjadi karena pankreasnya harus mengeluarkan hormon untuk metabolisme makanan. Membuat tubuhnya menolak insulin sehingga kadar gula dalam darahnya tetap tinggi. 

"Jadi akan banyak organnya yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Saat ini mungkin dia akan merasakan masalah di anatominya tapi untuk nantinya, masalahnya akan terjadi di kardiovaskular," pungkasnya.