Bisa Menginfeksi Perangkat Android, Google Hapus 85 Aplikasi Abal-abal di Playstore

Bisa Menginfeksi Perangkat Android, Google Hapus 85 Aplikasi Abal-abal di Playstore

12 Januari 2019
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM - Diduga mengandung malware berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat Android, Google membuat kebijakan dengan menghapus sebanyak 85 aplikasi dari Playstore.

Aplikasi-aplikasi tersebut diketahui menyimpan malware berupa adware yang ditampilkan secara terus menerus ke layar smartphone pengguna Android.

Adware sangat menjengkelkan bagi pengguna smartphone karena mereka menampilkan iklan berupa banner atau pop-up yang memenuhi layar ponsel demi menghasilkan pundi-pundi bagi si pembuat.

Tidak hanya menjengkelkan, adware yang telah menginfeksi perangkat dan terus-terusan menampilkan iklan, akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Beberapa aplikasi yang dihapus Google menyamar sebagai aplikasi game, streaming TV, dan simulator remote control yang sudah diunduh sembilan juta pengguna Android di seluruh dunia.

Para peneliti dari Trend Micro, sebuah perusahaan keamanan siber, menemukan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut bisa membombardir perangkat dengan iklan satu layar penuh secara berkala.

Iklan-iklan tersebut juga akan muncul ketika pengguna membuka kunci perangkat dengan mengawasi fungsi pembuka kunci layar ponsel.

Loading...

Bahkan ketika pengguna sedang tidak berselancar di duni maya, aplikasi 'abal-abal' tadi masih bisa menampilkan iklan. Mereka bersembunyi dan berjalan di background aplikasi perangkat yang terinfeksi adware.

Di antara 85 aplikasi tersebut, yang paling populer diunduh pengguna adalah Easy Universal TV Remote yang telah diunduh lebih dari lima juta kali sebelum akhirnya dihapus. Aplikasi ini mendapat rating bintang empat dari lebih 100 ribu pengguna, meski pada kolom komentar diisi banyak keluhan.

Aplikasi lain yang telah dihapus di antaranya Police Chase Extreme City 3D Game, Prado Parking City 3D Game, Moto Racing, Parking Game, TV WORLD, SPORT TV, A/C Air Conditioner Remote, Garage Door Remote Control, dan masih banyak lagi.

 

 

 

Sumber: Kompas.com