//riau1.com/

#gaya-hidup

ASI Tidak Lancar? Jangan Buru-buru Beri Sufor, Coba Makanan Ini

R1/uci


Ilustrasi: Internet Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - ASI sangat penting untuk kekebalan tubuh bayi dan juga daya tahan tubuh. Nah saat ASI bunda sulit keluar, jangan buru-buru beralih ke susu formula. Makanan berikut diketahui ampuh memperlancar ASI.

Agar produksi ASI senantiasa lancar, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, seperti dilansir laman klikdokter.com, 5 Januari 2019:

1. Daun katuk 

Daun katuk sangat ampuh untuk melancarkan produksi ASI, karena mengandung laktagogum. Cara mengolah daun katuk cukup mudah. Anda hanya perlu merebusnya hingga matang. 

2. Kacang almon 

Kandungan kalsium di dalam kacang almon sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Dengan mengonsumsinya, Anda dapat mencukupi kebutuhan ASI eksklusif untuk bayi. 

3. Bayam 

Bayam memiliki enzim bernama phytoestrogens, sehingga termasuk dalam makanan pelancar ASI. Enzim tersebut juga terdapat pada sayuran yang berwarna hijau tua Iainnya. 

4. Kacang hijau 

Proses produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin membantu produksi ASI, sementara oksitosin membantu mengeluarkan ASI. Suasana hati yang baik pada ibu menyusui akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI. 

Selain bisa menstimulus hormon oksitosin, kacang hijau juga memiliki kadar tiamin atau vitamin B1 yang mengubah karbohidarat menjadi energi. Hal ini penting untuk ibu menyusui, karena masa menyusui membutuhkan energi lebih besar dibandingkan saat hamil. 


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)
Loading...