//riau1.com/

#gaya-hidup

Ini 6 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah di Usia Muda

R1/puri


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Menikah di usia muda saat ini tengah menjadi hal yang banyak dibicarakan masyarakat. Terlebih saat ini banyak di media sosial fenomena anak muda yang menikah dan seringnya membagikan momen kehidupan mereka seakan memberikan gambaran betapa indahnya membangun mahligai rumah tangga.

Menikah di usia muda sebenarnya tidak begitu dianjurkan karena dianggap memiliki resiko yang terlalu tinggi. Namun bukan berarti menikah di usia muda itu dilarang. Setiap kita boleh memutuskan untuk menikah diusia muda. Asal kamu wajib mempertimbangkan  beberapa hal ini secara matang, demi meminimalisir tingkat resiko yang kemungkinan terjadi.



BACA JUGA : Ini Rentang Usia yang Pas Untuk Melakukan Program Bayi Tabung



Dikutip dari IDNTimes.com, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu memutuskan untuk menikah di usia muda.

1. Kesiapan mental
Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam suatu pernikahan pasti ada berbagai macam gejolak masalah yang menerpa, mulai dari konflik antar pasangan hingga masalah-masalah lain yang berkaitan dengan tuntutan hidup. Hal tersebut tentunya membutuhkan kematangan berpikir serta kesiapan mental untuk menghadapinya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah berkeinginan untuk menikah terutama di usia yang masih muda, lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu apakah kamu dan pasanganmu telah memiliki kesiapan mental yang cukup untuk membina suatu rumah tangga nantinya. 

2. Pendidikan dan karir
Kebanyakan pasangan muda yang ingin segera melanjutkan ke jenjang pernikahan masih dilanda rasa bimbang antara ingin melanjutkan pendidikan, karir atau menikah muda.

Sebab ketiganya dirasa tidak memungkinkan jika dijalankan secara beriringan. Oleh karena itu, lebih baik pikirkan sekali lagi dan pastikan kamu telah memilih pilihan yang terbaik sebelum memutuskan untuk menikah muda.

3. Risiko kesehatan
Secara medis, menikah di usia yang terlalu muda bisa menimbulkan berbagai resiko yang dapat mengancam kesehatan. Mulai dari resiko keguguran, bayi lahir prematur, hingga tekanan darah tinggi yang rentan menyerang ibu hamil karena faktor kehamilan di usia yang terlalu muda.



BACA JUGA : Berikut 4 Gerakan Olahraga Untuk Kencangkan Miss V 



Untuk itu, sebelum kamu memutuskan menikah di usia muda, alangkah baiknya jika kamu bersama pasangan  juga merencanakan waktu kehamilan secara cermat untuk menghindarkan dari berbagai resiko yang bisa membahayakan kesehatan.

4. Kesiapan finansial untuk kebutuhan setelah menikah

Keputusan untuk menikah juga harus dibarengi dengan kesiapan finansial. Banyak pernikahan diluar sana yang mengalami kegagalan semata-mata karena faktor finansial. Oleh karena itu, mempertimbangkan kemampuan finansial menjadi hal yang wajib untuk dilakukan sebelum kamu memutuskan menikah apalagi di usia yang cukup muda.

5. Kesiapan untuk hidup mandiri bersama pasangan

Ketika kamu berkeinginan untuk menikah di usia muda, kamu juga harus berani memastikan bahwa kamu sanggup untuk hidup mandiri bersama pasangan tanpa harus bergantung pada orang tua.

Ketika menikah, kelak tanggung jawab dan beban yang akan dipikul juga semakin besar. Kamu juga harus sanggup memikul beban tersebut yang sejatinya memang sudah menjadi tanggung jawabmu beserta pasangan.

6. Risiko perceraian yang rentan terjadi di usia muda

Ini yang menjadi alasan utama mengapa pernikahan yang dilakukan di usia muda tidak begitu dianjurkan. Fakta tingginya perceraian yang terjadi di usia muda tidak boleh luput dari pertimbanganmu. Mengingat secara psikologis, pasangan muda memang rata-rata belum memiliki kesiapan secara mental, sehingga akan sangat rentan terjadinya kasus perceraian.

Nah itu tadi hal yang wajib menjadi pertimbangkan saat kamu berkeinginan untuk menikah di usia muda. Apapun keputusanmu, pertimbangkan dulu dengan bijak.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)