Kemendes PDTT Bantu Kembangkan Wisata Camintoran di Solok Selatan

Kemendes PDTT Bantu Kembangkan Wisata Camintoran di Solok Selatan

11 November 2018
Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman dan rombongan meninjau lokasi wisata Camintoran.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman dan rombongan meninjau lokasi wisata Camintoran.

RIAU1.COM - Ini objek wisata baru yang perlu diperhatikan. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membantu pengembangan objek wisata di Kabupaten Solok Selatan, Sumater Barat dengan mengalokasikan anggaran Rp1,4 miliar.

Seperti dikutip Riau1.com dari Antaranews.com, Minggu 11 November 2018, Kasubid Pariwisata Direktorat Jendwral (Ditjen) Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Rifmayulis di Padang Aro, menyebutkan objek wisata yang mendapatkan bantuan yaitu Camintoran di Kecamatan Sangir, untuk pengembangan agrowisata.

Ia menyebutkan alokasi anggaran Rp1,4 miliar itu untuk beberapa pekerjaan dan secara umum, seperti pekerjaan pondok wisata/villa, gazebo, dan pembangunan jalan setapak/wisata sepanjang 600 meter.

"Semog awal Desember atau akhir November ini pekerjaan akan selesai," ujarnya

Ia menambahkan jika pekerjaan yang dikerjakan secara swakelola tersebut dapat berjalan dengan baik, maka akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

"Yang jelas kita berusaha. Jika pekerjaan ini sudah selesai, Mudah-mudahan ada peluang pekerjaan lain," ujarnya

Ia berpesan agar dapat memperhatikan beberapa hal dalam pengembangan sebuah obyek wisata, diantaranya pentingnya manajemen pengelolaan yang profesional, kuliner yang enak dan bersih, atraksi kesenian dan oleh-oleh.

Kemudian sarana dan prasaran termasuk penginapan, serta pentingnya menjaga kebersihan, keamanan dan juga kenyamanan selama berkunjung.

Sementara itu Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman menyampaikan upaya-upaya lain juga terus dilakukan dalam pengembangan Camintoran

"Insyaa Allah tahun depan ada anggaran sebesar Rp11 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan kita gunakan untuk peningkatan jalan serta pengaspalan jalan menuju Camintoran," jelasnya

Ia menambahkan pengembangan Camintoran terus dilakukan secara bertahap sehingga bisa menjadi obyek wisata yang layak dikunjungi.

"Kita akan bangun danau buatan yang sudah mulai dikerjakan, jembatan gantung wisata, taman bunga, penginapan, camping area, kuliner, olahraga berkuda, miniatur keajaiban dunia, agro wisata perkebunan, serta banyak lainnya," terangya didampingi Asisten Perekonomian Epli Rahmat terkait pengembangan ke depan.

Wabup menjelaskan tentang konsep wisata Camintoran yang terintegrasi dengan objek wisata yang lain.

"Ada camintoran seluas 25 hektare yang terintegrasi dengan Gunung Bontak, kebun teh, beberapa air terjun, kampung wonorejo, pendakian gunung kerinci, dan banyak lainnya," sebutnya.

Wabup juga menambahkan bahwa di Camintoran sekarang juga berkembang perkebunan kopi arabika serta kacang makademia dan termasuk rencana pengembangan tanaman apel.

"Ini semua direncanakan untuk mendukung agro wisata di kawasan tersebut. Mulai dari melakukan pemetikan, pengolahan, menikmati, serta oleh-oleh untuk dibawa pulang nantinya," katanya.

Wabup menyampaikan bahwa di Solok Selatan ada tiga obyek wisata yang layak dijual dan mempunyai keindahan yang luar biasa, yakni kawasan Saribu Rumah Gadang, Camintoran serta Geopark Goa Batu Kapal

"Kita terus berbenah secara bertahap untuk memperbaikinya. Mudah-mudahan akan ada dana-dana bantuan selanjutnya," katanya.

R1/Hee