Ini Baru Berani, Gubernur Ridwan Kamil Kaji Bakal Pindah ke Asuransi Swasta karena BPJS Naik

Ini Baru Berani, Gubernur Ridwan Kamil Kaji Bakal Pindah ke Asuransi Swasta karena BPJS Naik

10 September 2019
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

RIAU1.COM - Ini baru berani dan patut dicontoh Gubernur lainnya. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku tengah mengkaji sejumlah opsi jaminan kesehatan warganya  guna merespons rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya tengah mengkaji kemungkinan layanan kesehatan masyarakat bakal dicover oleh asuransi swasta.

 

"Sekarang kalau BPJS dinaikan, pertanyaannya apakah ada asuransi swasta yang harganya lebih murah kualitas lebih tinggi, kita sedang kaji pilihan-pilihan itu," katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (10/9/2019), seperti dilansir bisnis.com bisnis.com. 

Menurutnya apapun pilihan jaminan kesehatan yang dipakai baik BPJS atau swasta yang diutamakan pihaknya adalah solusi keterjangkauan layanan. "Kalau solusinya sebagian berpindah atau solusinya Pemprov atau Pemda mengcover tambahannya atau subsidi itu juga kan harus dihitung terhadap APBD seperti apa," tuturnya.

Ridwan Kamil menilai tidak serta merta tiap kenaikan berharap pemerintah daerah mengcover kebutuhan layanan kesehatan. "Kalau ada uangnya gak masalah, kalau gak ada juga kan harus adil," ujarnya.

 

Karena itu dia memastikan selama kajian dan solusi tengah dicari agar masyarakat mendapatkan layanan selain BPJS pihaknya belum memproyeksikan urusan ini dalam rancangan APBD 2020 mendatang.

"Ya tidak, wacananya kan belum ada keputusan resmi naiknya berapa masih ada perdebatan di DPRD," katanya.

R1/Hee