Bakal Muncul di Indonesia Tahun 2020, Nissan LEAF Klaim Mampu Terjang Genangan Air Setinggi 60 sentimeter

Bakal Muncul di Indonesia Tahun 2020, Nissan LEAF Klaim Mampu Terjang Genangan Air Setinggi 60 sentimeter

9 September 2019
Nissan LEAF

Nissan LEAF

RIAU1.COM - Menyambut era kendaraan listrik di Indonesia, produsen otomotif asal Jepang, Nissan sudah memproduksi mobil listrik, yakni Nissan LEAF.

Mobil full listrik ini diklaim mampu menembus genangan air setinggi 60 sentimeter dan disebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk aktivitas sehari-hari di berbagai kontur jalan di Indonesia.

"Semuanya sudah didesain sedemikan rupa, bahkan ketika harus melewati jalan yang tergenang air. Mobil ini akan aman sampai dengan ketinggian maksimum 60 sentimeter," ujar Senior Manager R&D Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis, dilansir Tempo.co, Senin 9 September 2019.

Kalau genangan air lebih dari 60 sentimeter, kata Jauhari, kemungkinan besar sudah masuk ke dalam kabin mobil. Namun terkait hal itu, dia menyatakan baterai Nissan LEAF sudah melewati berbagai tes terhadap berbagai kondisi termasuk saat banjir.

"Soal baterai itu, kita sudah lakukan pengetesan terhadap kondisi banjir dengan simulasi ketinggian 60 centimeter. Tidak perlu khawatir soal itulah," sebutnya.

Seperti yang diketahui, Nissan LEAF merupakan produk mobil listrik dari Nissan yang telah dijual ke 51 negara di dunia. Total penjualan mobil ini diklaim sudah mencapai 400 ribu unit.

Untuk Indonesia sendiri, NMI selaku agen pemegang merek di tanah air akan menjual Nissan LEAF mulai tahun 2020. Namun, NMI belum mau membocorkan berapa harga mobil listrik tersebut.