Tagar 'ChanganJiplakEsemka' Trending Topik Usai Jokowi Luncurkan Bima

Tagar 'ChanganJiplakEsemka' Trending Topik Usai Jokowi Luncurkan Bima

7 September 2019
Mobil Esemka Bima

Mobil Esemka Bima

RIAU1.COM - Esemka kembali tuai kontroversi, banyak masyarakat menganggap mobil-mobil dari produsen otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang digadang-gadang Presiden Jokowi sebagai produk dalam negeri, itu hanya mengubah logo.

Hal ini dikarenakan beberapa unit mobil, salah satunya Esemka Bima mirip dengan mobil produksi asal Tiongkok Changan. Namun, di media sosial (medsos) Twitter, justru tagar #ChanganJiplakEsemka jadi trending topik.

Dilansir VIVA.co.id, Sabtu 7 September 2019, tagar tersebut berisi sindiran akan kehadiran Esemka Bima, mobil perdana PT SMK yang dibuka selubungnya kemarin.

Bima disebut-sebut mirip dengan salah satu mobil pikap, yang ditawarkan oleh perusahaan China, Changan. Dari wujudnya, memang terlihat ada kemiripan, mulai dari bagian kaca hingga pintu.

Oleh warganet, merek Changan diubah artinya menjadi kata ‘jangan’, lalu digunakan untuk melengkapi kalimat-kalimat bernada candaan. Hingga saat ini, kata dan tagar itu sudah dipakai lebih dari 21 ribu kali.

Uniknya, kata Changan juga dipakai oleh salah satu akademisi yang kerap muncul di acara Indonesia Lawyers Club di tvOne, Rocky Gerung. Ia mengunggahnya di akun Twitter. "Mbah kolam ngamuknya ke Mbah gugel dong. Changan ke gue," tulis Rocky Gerung dalam cuitannya.

Sebagian dari warganet, memakai tagar #ChanganJiplakEsemka sebagai sindiran. Uniknya, mereka justru menulis Changan yang menjiplak desain Esemka, tentunya dengan gaya satire.