Jokowi Kutip Semboyan Prabowo di Kap Mobil Esemka

Jokowi Kutip Semboyan Prabowo di Kap Mobil Esemka

7 September 2019
Jokowi menuliskan semboyan Prabowo di kap mobil Esemka

Jokowi menuliskan semboyan Prabowo di kap mobil Esemka

RIAU1.COM - PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, jawa Tengah (Jateng) yang digadang-gadang sebagai produsen otomotif dalam negeri, diresmikan Presiden Jokowi, Jumat 6 September 2019.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menuliskan catatan tangan pada bagian kap mesin mobil Esemka. Ia menuliskan ‘Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi’ yang kemudian membubuh tanda tangan.

Tulisan tangan Presiden Jokowi itu mengingatkan pada semboyan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pimpinan Prabowo Subianto.

Pada situs resmi Partai Gerindra, partai itu mengusung tagline ‘Kalau Bukan Kita Siapa Lagi? Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi?’

Maksud dari tulisan tangan Presiden Jokowi itu sebagai pelecut bahwa Indonesia bisa memproduksi mobil karya anak bangsa.

Sebagai bangsa besar, Indonesia perlu menunjukan kemandirian dalam sejumlah produk yang bisa dibuat di dalam negeri serta dikerjakan oleh putra-putri bangsa.

Loading...

Jokowi bahkan berani menyebut mobil pikap Esemka, yang diklaim buatan anak bangsa ini bakal laris. Politikus PDIP ini mengatakan kualitas dari produk pertama Esemka ini sudah cukup baik.

"Saya melihat harga kompetitif, saya tanya harganya Rp95 juta off the road. Feeling saya laku keras,” ucap Jokowi, dilansir Tempo.co. Sabtu 7 September 2019.

Salah satu hal penting yang menjadi keunggulan, menurut Jokowi, adalah Esemka merupakan merk dan prinsipal dari Indonesia.

Esemka, menurut Jokowi, merupakan perusahaan yang harus berani berkompetisi. Skala produksi mobil ini masih relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil merk lain yang diproduksi di Indonesia.