Komponen Lokal 60 Persen, Akhirnya Presiden Jokowi Resmikan Mobil Esemka di Boyolali

Komponen Lokal 60 Persen, Akhirnya Presiden Jokowi Resmikan Mobil Esemka di Boyolali

6 September 2019
Presiden Jokowi dan mobil Esemka jenis pick up saat peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Presiden Jokowi dan mobil Esemka jenis pick up saat peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

RIAU1.COM - Akhirnya Presiden Jokowi meresmikan pabrik mobil Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019. 

Mobil Esemka ini tidak mau disebut sebagai mobil nasional. Tetapi mobil ini produksi perusahaan swasta nasional milik anak bangsa. 

Mobil Esemka ini sudah menggunakan 60 persen komponen lokal. Sisanya impor. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini mobil Esemka khususnya pick up Bima bakal laris manis di pasaran.

Ia juga memuji keberanian produsen Esemka mengembangkan merek kendaraan lokal.

 

Bahkan Jokowi sempat mempromosikan Esemka, agar konsumen membeli produk yang komponen lokalnya sudah 60% ini.

"Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor," ucapnya di pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) seperti dikutip dari detikcom.

Mobil Esemka Bima yang diluncurkan hari ini dijual dengan harga Rp 95 juta off the road atau Rp110 juta on the road.

Esemka Bima memiliki kelir putih di bagian bodi, sementara grille depannya dicat hitam. Dalam brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm.

Esemka Bima memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.
 

"Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80% apalagi 100%. Tapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini kita harus acungi jempol keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi ini," ujar Jokowi, seperti dilansir CNBC Indonesia, Jumat. 

Jokowi memuji inovasi Esemka meski dia tahu kandungan lokal mobil belum cukup tinggi.

 


Jokowi mengatakan, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 95 juta untuk off the road atau Rp 110 juta on the road cukup kompetitif dalam menghadapi persaingan di dalam negeri.

"Saya tanya urusan harga karena namanya produksi mudah, tapi memasarkannya sulit. Kalau harga tidak sesuai keinginan konsumen. Saya melihat harga kompetitif. Saya tanya harganya Rp 95 juta off the road. Feeling saya laku keras," katanya.

R1/Hee