//riau1.com/

#bisnis

Mobil Esemka Muncul Lagi, Tapi Lebih Fokus ke Mobil Pick Up

R1/hee


Ilustrasi mobil Esemka jenis SUV beberapa tahun lalu. Ilustrasi mobil Esemka jenis SUV beberapa tahun lalu.

RIAU1.COM - Akhirnya muncul lagi. Setelah lama tak terdengar, mobil Esemka hadir kembali. Mobil yang dirakit pelajar SMK ini sekarang bernaung di bawah PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Boyolali, Jawa Tengah. 

Seperti dilansir CNBC Indonesia, Rabu, 14 Agustus 2019, Pihak manajemen menegaskan bahwa mereka tak mau disebut sebagai mobil nasional (mobnas).



BACA JUGA : AS-China Saling Naikkan Tarif Impor, Harga Emas Melonjak

 

Manajemen PT SMK terlihat hadir mengikuti The Automotive Component Industri Expo 2019 di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Mereka menempati tiga stan di ruang pameran dan juga memajang rangka mesin dan bak kargo. 

Namun, wujud mobil Esemka tidak terlihat dalam pameran ini. Manajemen hanya membawa komponen-komponen mobil seperti bak kargo, pintu, aki, jok, velg, ban, dan komponen lain yang nampaknya menjadi bagian untuk pick up. 
 

Presiden Direktur PT SMK, Eddy Wirajaya mengatakan saat ini pabrikannya tengah fokus memproduksi mobil pick up. Kendaraan ini dinamakan BIMA. 

"Konsentrasi kita di pick-up," kata Eddy. 

Saat ditanya mengapa hanya fokus di pick up, dia enggan mengungkapkannya. 

"Itu strategi manajemen," jawabnya. 

Mobil Esemka pada awalnya populer lewat tipe mobil SUV bukan model pick-up. Presiden Joko Widodo yang saat itu menjabat Wali Kota Solo pun semlat mencoba tipe SUV ini sebagai kendaraan dinasnya. 

Namun, saat ditanya lebih jauh mengenai kabar model SUV, Eddy lagi-lagi irit bicara. 

"Kalian dari pers, banyak... Saya nggak mau ngomonglah," kata Eddy. 

Pemilihan pick up berdasarkan pada sasaran pasar. Manajemen ingin kendaraan bak terbuka ini menjangkau daerah-daerah yang dianggap terpinggirkan. 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang punya program pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) untuk memacu kegiatan ekonomi pedesaan dan penguasaan teknologi otomotif atau mobil pedesaan. Hal ini sejalan dengan semangat Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK guna membangun Indonesia dari pinggiran.



BACA JUGA : Budi Utomo Lulusan Watford Inggris, Resmi Jadi Dirut Bank Sumut

 

Ia berharap peluncuran mobil Esemka dapat segera terealisasi pada tahun ini. Adanya pameran industri komponen ini juga diapresiasinya agar serapan komponen lokal untuk mobil Esemka dapat terpenuhi. 

PT SMK kemudian membuat Letter of Intent bersama supplier dari Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM), dan Perusahaan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (PIKKO).

R1/Hee 


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)