Satu Unit Pesawat B 737 Max 8 Milik Garuda Indonesia Berhenti Beroperasi

Satu Unit Pesawat B 737 Max 8 Milik Garuda Indonesia Berhenti Beroperasi

11 Maret 2019
Boeing 737-8 Max. Foto: Reuters.

Boeing 737-8 Max. Foto: Reuters.

RIAU1.COM -Garuda Indonesia melakukan ‘grounded’ atas satu unit pesawat B 737 Max 8 mulai 11 Maret 2019. Penghentian sementara pengoperasian satu unit pesawat Boeing 737 Max 8 menyusul Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

"Ada inspeksi atas seluruh B737MAX yang beroperasi di Indonesia," kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan dikutip dari Antara, Senin (11/3/2019).

Sebagai penyedia jasa penerbangan yang turut mengoperasikan satu armada Boeing 737 Max 8, Garuda Indonesia secara berkelanjutan melaksanakan prosedur inspeksi ekstra serta pemeriksaan berkala lanjutan terhadap fitur-fitur vital penunjang kelaikan armada seperti ; kecepatan udara, sistem ketinggian, sistem kendali penerbangan, hingga "stall management system" dengan catatan hasil inspeksi "no fault found (dengan hasil baik). Demikian juga training terhadap pilot yang secara rutin berkala melaksanakan proficiency check di simulator B 737 Max.

"Kami juga terus melaksanakan close review dan berkoordinasi intensif dan memberikan regular report sejak Oktober tahun 2018 dengan regulator, yaitu Direktorat Jenderal Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU). Pihak kementerian jugamemberikan saran dalam menyikapi adanya insiden penerbangan yang melibatkan armada Boeing 737 Max 8, khususnya dalam memastikan aspek mitigasi dan kebijakan preventif terhadap tata kelola safety armada Boeing 737 Max 8 tetap terjaga," sebut Ikhsan.

Garuda Indonesia mengerti dan memahami kekhawatiran penumpang sehingga tetap ekstra ketat dalam memonitor operasi penerbangannya. Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional terus mengedepankan komitmen dan budaya keselamatan dalam seluruh lini operasionalnya.

"Hal tersebut sejalan dengan value aspek 'safety' sebagai 'core' operasional perusahaan yang sudah tertanam dalam budaya kerja jajaran karyawan dan lini operasional Garuda Indonesia," ucap Ikhsan.