Pungli e-KTP, Bupati Amril Minta Diasdukcapil Bengkalis Tinjau UPT

Pungli e-KTP, Bupati Amril Minta Diasdukcapil Bengkalis Tinjau UPT

31 Oktober 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin langsung menyikapi adanya keluhan warga terkait pungli dalam pengurusan e-KTP di UPT Disdukcapil di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir.

Bupati Amril Mukminin mengatakan, ia sudah menginstruksikan Kadisdukcapil Bengkalis untuk turun ke lapangan, mengecek benar tidaknya informasi masyarakat ada pungli dalam pembuatan e-KTP di UPT Disdukcapil Mandau dan Pinggir.

“Sudah, sudah kita tugaskan agar dipantau. Jangan hanya didiamkan. Kalau dibiarkan nanti dikira terjadi pembiaran. Dikira masyarakat ada kerjasama, bersepakat," tegasnya.

Bupati Amril Mukminin berharap, dugaan adanya pungli ini jangan sampai terjadi di Dinas Dukcapil. “Jika di UPT Dukcapil benar terjadi pungli, segera tindak. Begitu pula bila di Dinas Dukcapil juga terjadi Pungli, juga harus harus ditindak tegas,” pesannya.

Masih kata Amril Mukminin, dia juga sudah minta Kadisdukcapil untuk menjelaskan informasi yang sebenarnya tentang bagaimana ketersediaan blanko e-KTP saat ini kepada masyarakat.

Terkait dengan jaringan yang selalu error, hal itu juga harus dijelaskan kepada masyarakat, apa penyebabnya. "Jika ada kerusakan segera perbaiki, sehingga pelayanan ke masyarakat tidak terganggu dibuatnya. Kami juga sudah instruksikan hal ini ke Kadis Dukcapil,” pungkasnya.