Gubri Syamsuar Bakal Siapkan Anggaran Beasiswa untuk Mahasiswa Seluruh Perguruan Tinggi di Riau

Gubri Syamsuar Bakal Siapkan Anggaran Beasiswa untuk Mahasiswa Seluruh Perguruan Tinggi di Riau

26 Oktober 2019
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Gubernur Riau, Syamsuar menyebut, akan menyiapkan anggaran untuk beasiswa atau bantuan pendidikan kepada mahasiswa berkuliah di perguruan tinggi (PT) kabupaten/kota di Riau tahun 2020 mendatang.

Syamsuar menjawab hal itu setelah muncul penyaluran beasiswa dari Pemprov melalui Disdik Riau yang diduga terkesan mendiskriminasikan keberadaan mahasiswa berkuliah PT di kabupaten yang ada di Riau.

Syamsuar menuturkan, pihaknya sudah mengusulkan kepada Kemenkeu RI agar daerah-daerah pulau terluar dan tertinggal juga mendapatkan prioritas bantuan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidkan (LPPD), jenjang pendidikan S2 dan S3.

"Tahun depan kita memang sudah menyiapkan beasiswa S1 S2 dan S3, tetapi saya juga sudah mengusulkan kepada Menkeu agar daerah pulau terluar dan tertinggal juga mendapatkan prioritas memperoleh bantuan beasiswa dari LPDP Kemenkeu melalui program S2 dan S3," ujarnya.

Seperti yang diketahui, ada sejumlah kalangan akademisi di Bengkalis kecewa dengan kebijakan Pemprov Riau yang dinilai mengabaikan keberadaan PT di kawasan Pesisir Riau, baik itu PT negeri maupun swasta.

Loading...

Kebijakan tersebut terkesan menganaktirikan serta diskriminasi PT di Pesisir Riau dan hanya menganggap ada mahasiswa di PT di Kota Pekanbaru yang layak diberikan kesempatan itu, ternyata juga sudah berkali-kali terjadi.

"Untuk kesekian kalinya Pemprov Riau menganggap hanya PT di Pekanbaru yang mereka anggap representasi Riau. Padahal PT di Riau juga tersebar di beberapa kabupaten dan lainnya selain di Pekanbaru," ucap akademisi Bengkalis, Alfansuri beberapa waktu lalu.

"Memangnya Pemprov Riau menganggap mahasiswa yang kuliah di daerah kabupaten kota lainnya tak mahasiswa Riau. Parameternya apa hanya bagi mahasiswa di kampus-kampus Pekanbaru saja," pungkasnya.