//riau1.com/

#bengkalis

Pemadaman Karhutla Fokus di Desa Darul aman Pulau Rupat Bengkalis

R1/bar


Pemadaman di Desa Darul Aman Bengkalis Pemadaman di Desa Darul Aman Bengkalis

RIAU1.COM - Pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis, Riau masih terfokus di Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Senin 22 Juli 2019, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 10-15 hektar lahan.

Kadis Damkar Bengkalis, Djamaludin menerangkan, pemadaman dilakukan juga mendapat bantuan dari udara dengan menggunakan helikopter waterbombing.

"Jalur darat, kita dibantu oleh tim Pusdatin BPBD Bengkalis, TNI dan Polri. Serta dibantu pemadam dari perusahaan yang beroperasi di daerah tersebut," ujar Djamaluddin, Selasa 23 Juli 2019.



BACA JUGA : Ke Riau, Menpar RI Ingin Pulau Rupat jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Djamaluddin mengungkapkan, kendala yang dihadapi tim darat di lapangan, petugas kesulitan mendapatkan air di titik karhutla. Karena sumber air sangat terbatas meskipun ada beberapa parit di lokasi.

"Jadi pagi sampai sore kita padamkan, besoknya muncul lagi. Kondisi api tidak dapat diprediksi hilang muncul lagi, ditambah kondisi air yang terbatas, meskipun ada beberapa parit di sana namun jumlahnya terbatas," ungkapnya.

Diutarakannya, sejauh ini lahan yang terbakar masih semak belukar. Namun sudah mengarah kearah perkebunan masyarakat, sehingga pemadaman terus difokuskan di sana agar tidak berkembang sampai ke kebun masyarakat.



BACA JUGA : Tingkatkan Mutu Pelayanan, Diskes Bengkalis Gelar Evaluasi Penggunaan Obat Rasional

"Kendala kita sejauh ini memang masih mengenai air saja. Kalau medannya  masih bisa ditempuh ke lokasi dengan jalur darat," ujarnya.

Masih kata Djamaluddin, sejauh ini hasil patroli Damkar Bengkalis di lapangan memang hanya satu titik ini saja yang muncul api. Sementara tempat lain belum ditemukan adanya titik api baru.

"Kami berharap dengan kondisi cuaca seperti ini masyarakat Bengkalis tidak melakukan pembakaran dengan alasan apapun saat berada di kebun masing masing," pungkasnya.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)