//riau1.com/

#bengkalis

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Diskes Bengkalis Sudah Akreditasi 11 UPT Puskesmas

R1/bar


Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Diskes Bengkalis, Heri Pratikno Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Diskes Bengkalis, Heri Pratikno

RIAU1.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis, Riau terus melakukan upaya untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada.

Salah satu upayanya dengan menggesa terakreditasinya atau sudah diakuinya layanan kesehatan masyarakat berstandar nasional di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Dengan road map atau daftar peta yang sudah disusun, dari 18 UPT Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Bengkalis, hingga 2018 lalu sudah 11 unit Puskesmas yang telah diakreditasi.

"Sampai saat ini kita sudah berhasil melaksanakan akreditasi di 11 unit UPT Puskesmas sejak 2017 dan 2018 lalu. 2018 lalu Akreditasi di lima Puskesmas dan 2017 ada enam Puskesmas," kata Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Diskes Bengkalis, Heri Pratikno, Rabu 3 Juli 2019.



BACA JUGA : Ke Riau, Menpar RI Ingin Pulau Rupat jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Heri menuturkan, untuk tahun 2019 ini, akan digesa lima UPT Puskesmas untuk diakreditasi, seperti Puskesmas Pematang Duku, Puskesmas Pambang, Puskesmas Sadar Jaya, Puskesmas Teluk Lecah dan Puskesmas Serai Wangi.

"Di tahun 2019 ini akan kita lanjutkan sebanyak lima unit Puskesmas. Sesuai dengan jadwal yang diagendakan penilaian dilakukan sekitar bulan Oktober, November dan Desember 2019 mendatang," tuturnya.

"Penilaian ini biasanya akan dilakukan oleh Komisi Akreditasi Kementerian dan bisa datang dari mana saja, seperti Yogyakarta, Sumbar dan lainnya tergantung dari ketersediaan surveyor yang akan melakukan penilaian," lanjutnya.



BACA JUGA : Tingkatkan Mutu Pelayanan, Diskes Bengkalis Gelar Evaluasi Penggunaan Obat Rasional

Ia menyatakan, upaya akreditasi ini merupakan sebuah komitmen dari Dinkes Bengkalis dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk meningkatkan kualitas serta mutu pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas.

"Akhir dari akreditasi Puskesmas adalah meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk tahun 2020 mendatang kita akan kembali usulkan sebanyak dua UPT Puskesmas. Mudah-mudahan pada 2020 seluruh Puskesmas di Bengkalis sudah terakreditasi," ucapnya.

"Kita berharap dengan bentuk akreditasi itu menjadi pelecut semangat untuk terus meningkatkan mutu atau kualitas layanan kepada masyarakat," pungkasnya.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)