//riau1.com/

#advertorial

Anggota DPRD Meranti: Produk Yang Kreatif Akan Lebih Kompetitif

R1/puri


Dedi Putra, Foto Internet Dedi Putra, Foto Internet

RIAU1.COM - Produk unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kepulauan Meranti dinilai harus lebih kreatif dalam mengurus soal kemasan produk UMKM agar nilai jual tinggi.

Angggota Komisi B DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Putra mengatakan, menurutnya, kualitas kemasan juga perlu ditingkatkan karena persaingan pasar yang akan dihadapi tidak hanya dari dalam, tetapi juga luar negeri. Dengan membuat produk kreatif tentu akan lebih kompetitif.

"Tidak hanya fokus kepada pendanaan, promosi, atau pasar. Penguatan kemasan dan membentuk brand yang kuat juga penting. Oleh karena itu, kualitas kemasannya perlu ditingkatkan," ujar Dedi, Kamis (25/7/2019).



BACA JUGA : Sektor Pariwisata Akan Jadi Andalan Sumber PAD Pelalawan

Iklan Riau1

Ia juga menuturkan hal ini karena kemasan yang menarik dan kreatif akan meningkatkan nilainjuao produk.

"Saya kira ini hal yang bagus dalam rangka menopang pertumbuhan usaha kecil dan menengah. Kemasan merupakan salah satu unsur yang akan meningkatkan jumlah penjualan suatu produk" tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) akan mengoptimalkan sebuah tempat khusus yang disebut rumah packaging.

"Sebenarnya rumah packaging (kemasan) kita sudah ada. Bangunan itu terintegrasi dengan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (SIKIM) Pengolahan Sagu di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Rangsang Timur," kata Kepala Disperindagkop UKM Kepulauan Meranti, Azza Fachroni, beberapa waktu lalu.



BACA JUGA : 65 Anggota DPRD Riau Periode 2019-2024 Resmi Dilantik



Menurut Azza, rumah kemasan itu akan dioperasionalkan tahun ini. Dia berharap, dengan difungsikan bangunan tersebut, perlahan akan meningkatkan daya saing produk UMKM.

"Para pelaku usaha UMKM tidak usah pikir panjang, siapkan saja produknya  nanti akan ada pegawai kita yang membantu mendesain kemasannya dengan berbagai macam bentuk," kata Azza lagi.

Kemasan yang bagus merupakan salah satu bentuk promosi terutama dalam mengakses pasar global. Karena itu, kondisi tersebut menjadi tantangan yang harus disikapi secara cepat. Baik oleh pelaku usaha dan pengusaha industri kecil, serta dorongan oleh pemerintah.(Adv/R1.puri)


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)
Loading...